Sunday, June 23, 2013

Aman berselancar di internet


Ada banyak dan sering kita jumpai beberapa file atau aplikasi yang menarik untuk di pasang di komputer kita. Kita dapat men-download file tersebut dengan mudah karena, kita tertarik dengan file atau aplikasi tersebut kita terburu-buru untuk membuka, menginstal file tersebut di komputer kita tanpa memperhatikan apakah file itu aman bagi komputer kita.

Si pembuat file tersebut memang sengaja menyelipkan virus yang berbahaya untuk kelangsungan hidup komputer kita tanpa kita sadari. Meski kita menggunakan antivirus apa salahnya jika kita lebih berhati-hati dalam men-download sebuah file karena virus-virus tersebut biasanya bandel meski sudah di scan tapi tetap ada (alias permanen).

Berikut adalah tips aman untuk anda dan komputer anda :

1. Upgrade sistem operasi. Sistem operasi yang terbaik biasanya lebih aman digunakan daripada versi yang lebih rendah. 

2. Gunakan firewall untuk memproteksi dari serangan hacker, atau virus atau spyware. Di Linux lebih banyak serangan yang terjadi dari hacker dan software yang digunakan hacker. Bagi Anda yang menggunakan sambungan ADSL dapat mengaktifkan firewall di router.

 3. Gunakan perangkat lunak Anti-Virus, clamav, untuk mendeteksi apakah ada virus yang bersarang di USB, e-mail Internet yang kita baca. Perlu di catat bahwa Linux biasanya tidak terinfeksi virus.

 4. Mengamankan diri dalam jaringan WiFi HotSpot. Aktifkan mekanisme proteksi pada jaringan HotSpot menggunakan WEP, WPA, MAC filter, matikan SSID broadcast.

5. Buang semua 'spam' e-mail. Jangan pernah percaya akan e-mail yang menjanjikan bahwa Anda memenangkan lotere, adanya dana investasi. Sebaiknya mengaktifkan anti spam di e-mail client yang kita gunakan.

 6. Backup. Lakukan backup secara periodik dari data-data penting dan simpan pada lokasi yang berbeda.

 7. Mengamankan secara fisik komputer/laptop. Tandai komputer yang kita gunakan.

0 comments:

Post a Comment