Friday, May 17, 2013

Kelebihan dan kekurangan program berbasis Open Source

-->

Open Source adalah program yang saat ini telah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Tidak sedikit orang yang menggunakan program yang telah memiliki lisensi Open Source ini. Karena memang, program Open Source memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh lawannya yaitu progam Close Source. Kelebihan tersebut antara lain :
  1. Open Source akan memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk dapat mempelajari cara kerja sebuah perangkat lunak dan dapat memodifikasi bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.
  2. Pengguna tidak perlu lagi bergantung pada produk tertentu karena dengan program berlisensi Open Source ini kita dapat membuat produk baru yang tidak kalah dengan produk hasil perusahaan besar seperti Microsoft, Apple dll
  3. Dengan Open Source, pengguna tidak perlu lagi berurusan dengan virus computer yang biasa menyerang system Closed Source.
Nah, itulah 3 dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh Program Open Source. Namun, perlu anda ketahui bahwa system Open Source ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :
  1. Program Open Source akan susah berkembang karena masih banyak Hardware, Software dll yang belum memberikan kepercayaan dan dukungan penuh kepada program ini.
  2. Banyaknya orang yang masih belum percaya pada Open Source karena banyak diantara mereka yang menganggap bahwa Open Source susah untuk digunakan sehingga mereka lebih memilih program Close Source yang selama ini lebih dulu mereka kenal.

0 comments:

Post a Comment