Friday, May 17, 2013

Apa itu Open Source





Mungkin, hampir semua orang pernah mendengar kalimat open source ini. Dan bahkan banyak diantara mereka yang telah menggunakan program terbuka ini. Tapi, banyak juga diantara mereka yang ternyata tidak tau arti sesungguhnya dari program open source itu sendiri. Dan disinilah, kita akan sedikit menjelaskan tentang pengertian dari open source.
Kata open source jika diartikan dalam bahasa inggris berarti “Sumber Terbuka”. Dan mungkin, kata “sumber” yang dimaksud pada pengertian tersebut adalah kode program yang biasa kita temukan pada operating system seperti windows, Mac Os, dll. Sehingga kata Open Source jika diartikan dalam bahasa computer kurang lebih berarti “Kode program yang terbuka” sehingga kode tersebut dapat dipelajari siapa saja yang ingin menggunakannya.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa Open Source adalah program komputer yang berlisensi memberi kebebasan pada setiap pengguna dalam menjalankan program tersebut mempelajari, memodifikasi dan mendistribusi penggandaan program asli program yang telah dimodifikasi tanpa mengeluarkan biaya.

0 comments:

Post a Comment