Friday, June 21, 2013

Tampilan menarik pada Linux

Linux adalah suatu sistem operasi yang bisa di dapatkan secara gratis. Sistem operasi pada Linux bersifat multiuser dan multitasking, dan pengguna Linux dapat memodifikasi source kode pada Linux.

Sejarah tentang Linux
versi paling awal yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan didistribusikan melalui Internet memiliki kode versi 0.0.2. Linux versi ini dapat menjalankan GNU Bourne Again Shell (Bash) dan juga GNU C Compiler (GCC). Selanjutnya, dirilis versi 0.0.3 dan versi 0.10.

Perkembangan Linux dikendalikan oleh komunitas pengembang dan penggunanya. Mereka dengan sukarela mengembangkan sistem operasi tersebut tanpa memperoleh bayaran. Karena banyaknya komunitas pengembang Linux dan sifat sistem operasi Linux yang terbuka, muncullah beragam distribusi Linux.

Berikut adalah beberapa tampilan menarik pada Linux.

 Pembuatan Linux IGOS itu sendiri melibatkan seluruh komponen masyarakat teknologi informasi, mulai dari akademisi, dunia usaha, instansi pemerintah dan masyarakat umum.
Tujuannya proyek ini adalah agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan perangkat lunak legal dan bangga terhadap karya bangsa sendiri serta tidak tergantung pada karya bangsa lain.




Linux Soerya (Sistem Operasi Masyarakat) sesuai dengan namanya, sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Dalam perkembangannya, Linux Soerya sendiri telah mempunyai 3 versi release, yang dalam setiap versinya mengalami perkembangan dan peningkatan aplikasi yaitu Soerya Jembatan Merah 9.08, Soerya Kalimas 10.04, dan terakhir Soerya Lontong Balap 10.08. Untuk versi yang terakhir ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya bahkan sudah mempunyai “server repository” sendiri untuk Soerya 10.08 dan untuk Ubuntu 10.04, yang tujuannya dapat dilakukan update secara cepat.

 Linux Mandriva pada mulanya bernama Mandrake. Sistem operasi Linux ini terkenal karena kemudahannya digunakan dan antarmukanya yang user friendly. Mandriva secara tidak langsung merupakan salah satu varian dari Linux RedHat, mengingat awalnya Mandrake merupakan varian dari RedHat Linux. Contoh tampilan Mandriva Linux terlihat pada Gambar.
 SuSE merupakan sistem operasi Linux yang diproduksi di Jerman oleh perusahaan bernama NOVEL. Ada dua jenis Linux SuSE, yaitu Linux SuSE Desktop dan Linux SuSE Server. Sistem operasi ini awalnya tidak gratis. Orang yang ingin menggunakan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkannya.
 Di awal-awal perkembangan Linux, RedHat merupakan salah satu distro Linux yang paling banyak digunakan, khususnya di Indonesia.
 Perusahaan RedHat didirikan pada tahun 1993 dengan markas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Sayangnya, Linux RedHat tidak lagi dapat digunakan secara gratis sejak RedHat versi 9.
 Fedora Linux merupakan pengembangan dari sistem operasi Linux Redhat. Sistem operasi ini sebelumnya bernama Fedora Core. Fedora dikembangkan oleh tim Fedora Project yang didukung oleh komunitas programer dan disponsori oleh RedHat.
 RedHat sendiri bermaksud menjadikan Fedora Project sebagai sarana untuk mengembangkan dan mematangkan teknologi yang nantinya akan digunakan pada Linux RedHat Enterprise Server.

 Linux Slackware merupakan salah satu distro Linux yang paling awal. Distro ini dirilis oleh Patrick Volkerding pada tahun 1993, tepatnya pada tanggal 16 Juli 1993. Linux Slackware sangat mengutamakan kestabilan dan kesederhanaan sehingga menjadi distro Linux yang paling mirip dengan UNIX. Sekarang Slackware telah berkembang sedemikian rupa dan memiliki tampilan yang menawan.
Linux Debian dibuat oleh seorang mahasiswa universitas Purdue, Amerika Serikat bernama Ian Murdoch. Debian pertama kali dikembangkan pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian sendiri berasal dari kata Debra dan Ian. Pada tahun 1996, Ian Murdoch selaku pemimpin project Debian digantikan oleh Bruce Perens. Pada tahun yang sama, salah satu pengembang Debian yang bernama Ean Schuessler berinisiatif membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines.


 Sumber : Linux


3 comments:

makasih infonya, salam kenal dari saya
thank you :)

sampaikan salamku sama pak anton yaaa

Post a Comment