Thursday, June 20, 2013

Pentingnya pengawasan orang tua dalam penggunaan internet terhadap anak

Internet adalah suatu kebutuhan yang di butuhkan bagi para penggunanya. Dalam keseharian kita selalu menggunakan internet namun, selain dampak positif internet juga dapat menimbukan dampak buruk bagi para penggunanya khususnya pada anak-anak.

Banyak hal positif yang di dapat dari internet tapi, jika penggunaan internet untuk anak tidak di awasi para orang tua maka hal negetiflah yang akan di dapat dari internet misal si anak membuka situs dewasa yang sering di jumpai di warung internet (warnet).


Peran orang tua memang sangat penting dalam membimbing anak, kecanduan internet pada anak dapat memperburuk kehidupan sosial anak. Para peneliti di University of Kentucky, Amerika Serikat, percaya di suatu tempat, di mana pun itu, 0,3 persen sampai 38 persen populasinya sedang kecanduan internet. Internet mewabah di seluruh dunia.

Peneliti menyatakan, kecanduan yang ditandai dengan penggunaan internet yang berlebih, termasuk gejala perubahan suasana hati, ketidakmampuan untuk mengontrol waktu dapat mengurangi kehidupan sosial.

Kecanduan internet, menurut para peneliti, sulit dideteksi dengan masalah yang jauh lebih luas di Eropa dan Asia, daripada di Amerika Serikat.

Solusi untuk peristiwa ini adalah :

1. Batasi waktu penggunaan internet pada anak, supaya tidak terlalu lama di depan komputer yang dapat merusak mata jika terlalu lama dan sering.

2. Gunakan internet jika perlu saja misal untuk mengerjakan tugas sekolah.

3. Dampingi anak dalam penggunakan internet, memberitahu mana yang baik dan mana yang buruk.

4. Bekali anak dengan ilmu-ilmu agama supaya si anak selalu ingat akan tuhan (sehingga tidak akan terjadi hal yang negatif yang tidak di inginkan).

0 comments:

Post a Comment