Wednesday, July 3, 2013

Beberapa cara membuat materi atau konten pada blog


Posting pada blog tentunya membutuhkan ide-ide kreatif untuk menuliskan apa yang mau di tampilkan untuk para pengunjung sebuah blog. Kita akui bahwa para blogger sejati ini mempunyai segudang ide dan kreatifitas yang tinggi namun, tidak bisa di pungkiri bahwa dalam menuliskan sebuah postingan para blogging sejati ini kadang memerlukan refrensi baru supaya apa yang di postingkan menarik untuk dibaca para pengunjung blog tersebut.

Berikut beberapa ide yang bisa di tuangkan dalam suatu posting.

1.Beritakan trend yang sedang berlangsung. Jalankan Google Alert (http://google.com/alert) pada keyword tertentu yang berhubungan pada bisnis anda untuk menemukan tajuk berita yang sedang panas-panasnya diperbincangkan melalui Internet.  

2.Kembangkan opini terhadap sebuah berita yang populer. Jika anda menemukan sebuah tulisan blogger lain sedang mendapat banyak perhatian publik, anda bisa menyalin tulisan tersebut dan menambahkan komentar anda. Tambahkan link ke posting asli, kemudian mention blogger tersebut untuk mendapat izin dan publikasi.

3.Nyatakan penolakan terhadap opini yang populer. Anda bisa juga mendapatkan trafik dengan berdiri sebagai pihak oposisi terhadap sebuah opini yang sedang beredar di publik. Namun tentu saja, anda harus yakin dengan opini yang nantinya akan anda bela.

4.Tulis artikel sesuai keyword yang banyak dicari. Jika website anda sudah menggunakan layanan Google Analytic (http://google.com/analytic) maka anda bisa memanfaatkannya untuk melihat keyword pencarian apa yang paling banyak digunakan orang lain untuk sampai ke blog anda.

5.Tulis resensi sebuah buku. Jika anda telah membaca sebuah buku yang anda pikir customer anda juga akan menyukainya, maka anda bisa menulis sebuah resensi mengenai buku tersebut.

6.Review sebuah produk atau layanan. Review yang nanti akan anda tulis bukan produk atau layanan anda, atau punya kompetitor anda. Melainkan produk atau layanan lainnya yang berhubungan erat dengan jasa anda, yang harus diketahui oleh customer anda.

7. Gelar sebuah kontes menulis blog. Kontes merupakan cara paling ampuh menarik para blogger untuk berlomba-lomba membuat tulisan mengenai brand anda. Keuntungan yang anda dapat adalah meningkatnya eksistensi dari bisnis anda di Internet.

8.Tawarkan sesuatu yang spesial. Misalnya sebuah pesta sneak peek produk baru anda yang terbatas untuk dihadiri subscriber blog anda, atau customer terbaik yang beruntung mendapatkan free pass dari anda.

9.Ekspos mengenai kegiatan bakti sosial anda. Jika bisnis anda memberi feedback positif pada masyarakat, misalnya dengan mengadakan kegiatan bakti sosial, maka anda bisa menulis berita mengenai bagaimana jalannya kegiatan anda dan apa saja yang sudah anda capai.

10.Ciptakan rutinitas. Misalnya sebuah tulisan yang didedikasikan khusus untuk "customer minggu ini" atau menyusun sebuah koleksi bulanan tentang artikel online terbaik yang cocok dengan bisnis anda.

0 comments:

Post a Comment