Thursday, July 4, 2013

Seputar Linux Mint


Bagi para pengguna sistem operasi berbasis open source mungkin sudah tagu dan mengerti tentang Linux Mint namun, bagi orang yang masih awam tentang Linux Mint berikut penjelasannya. Linux Mint adalah sebuah sistem operasi komputer yang di rancang untuk bekerja pada banyak sistem modern seperti halnya komputer x86 dan x64.

Linux Mint juga dapat di sejajarkan dengan sistem operasi sekelas Microsoft Windows, Apple Mac OS. Linux Mint juga dirancang untuk dapat dipasang bersama sistem operasi lain (termasuk yang tersebut di atas), dan dapat secara otomatis mengatur sebuah lingkungan “dual boot” atau “multi-boot” (di mana pada tiap kali komputer dihidupkan pengguna diberikan pilihan sistem operasi manakah yang akan dijalankan) selama pemasangan.

Sejarah Linux Mint

Linux Mint adalah sistem operasi yang sangat modern; pengembangannya dimulai pada tahun 2006. Meski relatif baru, namun Linux Mint dibangun menggunakan perangkat-perangkat lunak yang telah matang dan terbukti kemampuannya, termasuk diantaranya kernel Linux, perkakas-perkakas GNU dan desktop MATE. Linux Mint juga bergantung pada Ubuntu dan proyek Debian dan menggunakan sistem mereka sebagai dasarnya. Dan tujuan di buatnya Linux Mint antara lain untuk menyediakan sebuah sistem operasi desktop yang dapat digunakan pengguna rumahan dan atau perusahaan secara cuma-cuma dengan seefisien, semudah, dan seelegan mungkin.


Linux Mint mempunyai beberapa edisi yang paling populer yaitu:

Edisi MATE (menggunakan desktop MATE)
Edisi Cinnamon (menggunakan desktop Cinnamon)
Edisi KDE (menggunakan desktop KDE)
Edisi XFCE (menggunakan desktop XFCE)

Disarankan bagi anda yang ingin menggunakan Linux Mint untuk pertama kalinya di sarankan untuk memilih edisi MATE. Jika anda mempunyai masalah atau pertanyaan dalam penggunaan linux kunjungi websitenya di  http://www.linuxmint.com/forum.(Pastikan anda sudah mendaftar di forum tersebut) karena komunitas Linux Mint sangatlah membantu dan aktif.

0 comments:

Post a Comment