Thursday, July 18, 2013

Memanfaatkan teknologi Open Source Anak Indonesia ciptakan printer 3D





Johanes Djauhari adalah nama anak bangsa ini si pencipta dan perakit mesin printer 3D. Berawal dari kecintaanya pada dunia grafis Johanes pernah mempunyai gagasan untuk menciptakan suatu mesin printer 3D. Gagasan itu pertama muncul pada 2011 pada saat itu Johanes dan adiknya Yopi Djauhari berniat untuk membuat usaha konsultasi desain produk dan desain grafis.


Dalam mengembangkan gagasan untuk membuat mesin printer 3D Johanes memanfaatkan teknologi “Open Source” untuk driver dan software. Ia ikut dalam forum internet yang khusus membahas teknologi printer 3D.

Untuk mendesain bentuk 3D, Johanes menggunakan software Pronter Face dan Repetier. Komputer yang dipakainya terhubung ke motherboard printer melalui kabel USB. Motherboard inilah yang memerintahkan gerakan koordinat X, Y, dan Z, menerjemahkan dokumen digital menjadi obyek nyata 3D.

Printer 3D buatan anak bangsa ini bisa anda dapat seharga Rp 10 juta (selama masa pre-order) dan Rp 12 juta setelah berakhirnya masa pre-order yaitu pada bulan september 2013.

0 comments:

Post a Comment