Wednesday, July 3, 2013

Tips memilih nama domain

Apa sih domain itu ? Domain dapat diibaratkan sebagai sebuah brand/merk dari suatu produk. Memilih nama domain sama saja dengan menentukan brand/merk dari website kita. 

Anda mungkin setuju jika keberhasilan sebuah produk dipengaruhi oleh pemilihan brand yang tepat. Itulah sebabnya perlu kecermatan dalam memilih domain agar website kita lebih sukses dan tepat sasaran.


1. Sebaiknya pilihlah domain .com

Kenapa orang lebih memilih domain .com ? Karena pada dasarnya .com memang sudah ada terlebih dahulu di mindset masyarakat . Contohnya seperti bebera situs terkenal di dunia (google, facebook, youtube) situs-situs ini menggunakan domain .com. Makanya, tidak peduli seberapa bagus domain .net, .biz, .in dan .us yang anda temukan, tetap amankan .com anda. Bahkan forum kaskus pun juga punya domain .com.

2. Hindari tanda (-) dashes

Memberitahu nama domain bertanda ’dashes’ atau ’minus’ dalam komunikasi viral bisa sangat merepotkan. Seringkali seorang MC kesulitan menyebutkan nama salah satu sponsor pendukung acara yang nama domainnya menggunakan tanda dashes. 

3. Hindari penggunaan ejaan yang susah

Perhitungkan cara lafal yang bisa menimbulkan kemungkinan mistype dari target audience website anda. Misalnya sebuah website dengan nama domain www.ewedlock.com, mungkin kurang tepat jika target marketnya adalah orang Indonesia. Sebab susah dieja. Sekali lagi, tidak bagus dari segi viral.

4. Sesuai tema

Memasukkan unsur konten ke dalam nama domain boleh jadi merupakan hal yang cerdas. Usahakan nama domain anda sesuai dengan tema anda dalam membuat website agar para pengunjung website anda tidak kesulitan dalam pencarian web tersebut.

0 comments:

Post a Comment