Wednesday, July 10, 2013

Tips dalam berpuasa

Puasa merupakan salah satu ibadah yang di ajarkan oleh nabi kita Muhammad S.AW. Puasa sendiri adalah kegiatan menahan lapar dan dahaga selain itu puasa juga menahan diri dari hawa nafsu yang selalu membuat manusia dapat terjerumus kedalam hal yang negatif.

Manfaat puasa sendiri adalah, selain mendapatkan pahala  puasa menjadikan badan lebih sehat dan fit, bagi para penderita kolesterol puasa dapat menurunkan kadar gula darah, puasa juga dapat memperbaiki kinerja pencernaan.

Berikut tips berpuasa.

Di saat sahur usahakan untuk makan-makanan bergizi dan minum secukupnya agar, di siang hari kita tidak merasa lapar dan dahaga dan tentunya ucapkan niat untuk berpuasa jika, sudah ada niatan didalam hati pastinya di jamin kita tidak akan tergoda dengan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Jika ada waktu untuk istirahat atau tidur di siang hari gunakan sebaik mungkin kesempatan itu karena, tidur di bulan puasa juga akan mendapatkan pahala tapi bukan berarti kita harus bermalas-malasan tidak melakukan aktifitas.

Nah di saat berbuka puasa usahakan untuk tidak makan dalam porsi yang berlebihan karena jika berlebihan akan membuat tidak nyaman dalam menjalankan ibadah sholat maghrib, isya’ dan sholat tarawih. Setelah menyelesaikan ibadah di malam hari (sholat tarawih, tadarus) kita boleh makan dengan porsi yang lebih banyak namun jangan berlebihan karena, sesungguhnya berlebihan itu tidak baik.

Nah jika sudah merasa lelah sebaiknya kita istirahat dan tidur karena pada dini hari kita harus melakukan aktivitas yang di sebut dangan sahur. Setelah sahur kita harus melakukan sholat shubuh tapi biasanya banyak yang tidak melakukan sholat shubuh dengan alasan,  masih ngantuk,ketiduran. Tapi seharusnya tidak ada alasan untuk tidak menjalankan ibadah wajib atau sunah karena sesungguhnya allah mencintai dan menyayangi umatnya yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintahnya dengan ikhlas.

0 comments:

Post a Comment